Selasa, 28 Februari 2012

Mantan TKI Korsel Dapat Kesempatan Khusus Ikuti Seleksi EPS TOPIK



Jakarta, BNP2TKI, Selasa (28/2) – Human Resources Development Services of Korea (HRD Korea) memberi kesempatan kepada mantan TKI Korsel untuk dapat bekerja kembali dengan pekerjaan yang sama di negeri ginseng itu.

Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI Haposan Saragih, di Jakarta, Selasa (28/2) mengatakan HRD Korea akan mengadakan seleksi khusus Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean (EPS-TOPIK) berbasis komputer (Computer Based Test/CBT) bagi TKI yang pernah bekerja di Korsel yang secara sukarela kembali ke Indonesia sebelum masa kontrak kerjanya selesai dan ingin kembali bekerja ke Korsel.

“Kami mengapresiasi langkah HRD Korea yang memberikan kesempatan kepada mantan TKI Korea untuk dipekerjakan kembali di negaranya. Karenanya kami berupaya memfasilitasi pelaksanaan tes EPS TOPIK berbasis komputer untuk para TKI itu,” kata Haposan.

Haposan mengatakan ada empat sektor pekerjaan yang dibuka yaitu sektor manufaktur, pertanian dan peternakan, konstruksi, dan perikanan. Sedangkan yang menentukan kelulusan, berikut jumlah TKI yang dibutuhkan adalah HRD Korea.

Mantan TKI Korea yang diperbolehkan mengikuti tes EPS TOPIK berbasis komputer tahun 2012 adalah, mereka yang telah bekerja di Korsel dan kembali ke Indonesia dengan sukarela sebelum masa kontrak kerjanya selesai (yakni periode kembali dari Korea Selatan tidak lebih dari 1 Januari 2010), tidak memiliki catatan pernah dideportasi dari Korsel, tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri oleh Pemerintah Indonesia, tidak sedang atau pernah menjalani hukuman tindak pidana berat akibat kriminal, dan berusia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun.(Mam/b)

sumber bnp2tki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar