Senin, 22 Desember 2008

Langkah ke Korea dengan Program Resmi G to G

Pengin jadi TKI ke Korea dengan program resmi G to G? tapi belum tahu caranya..saya akan berbagi sedikit pengalaman supaya ngga ada lagi yang sering ketipu calo sampai puluhan juta rupiah. Tulisan ini semoga bisa membantu rekan-rekan yang punya keinginan berangkat ke Korea agar tidak tertipu calo maupun broker bakal.
Ide Tulisan saya ini awalnya dari keprihatinan saya seiring banyaknya kejadian kasus penipuan calon Tenaga Kerja yang mau berangkat ke Korea. Harapan saya sedikit tulisan saya ini bisa memberikan gambaran tahapan ataupun langkah yang harus dilalui calon TKI untuk berangkat secara resmi melalui program Goverment to Goverment atau pemerintah dengan pemerintah.

PROGRAM G TO G (GOVERMENT TO GOVERMENT)

Sejak Januari 2007 pemerintah Indonesia dan Korea Selatan melaksanakan MOU atau kesepakatan bersama tentang tata cara dan mekanisme pemberangkatan dengan sistem Entry Permit System yang dalam kewenangan Depnaker Indonesia dalam penangananya adalah BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI) sedangkan dari pemerintah Korsel ditangani oleh Nodongbu ( Depnaker Korsel) pelaksananya adalah HRD Korsel.
Keuntungan program G to G ini adalah penanganan keberangkatan TKI lebih teratur serta lebih manusiawi serta dari dari segi biaya jauh lebih murah (Rp.5.400.000) yang sebelumnya melalui PJTKI bisa menghabiskan biaya sampai puluhan juta Rupiah.

LANGKAH-LANGKAH MENDAFTAR SEBAGAI CALON TKI KOREA
1. TKI mempersiapkan diri untuk mengikuti test EPS KLT (Korean Laguage Test for Entry
Permit System) Pengumuman pelaksanaan test ini biasanya melalui website resmi KLPT
ataupun di website BNP2TKI www.bnp2tki.go.id
Untuk persiapanya calon TKI bisa mengikuti kursus bahasa Korea mengenai tempat
Kursus calon TKI bebas memilih tapi pilihlah tempat kursus yang benar-benar profesional
dan bertanggungjawab.
Setelah calon TKI lulus ujian EPS KLT maka CTKI mendapatkan sertifikat yang meru-
pakan salah satu syarat sending Data. Tapi perlu diingat bahwa lulus KLPT belum menja-
min keberangkatan CTKI.
2. Melengkapi data-data
CTKI melengkapi data-data yang akan di sending oleh BNP2TKI , Formulir nya biasanya di
Berikan pada waktu CTKI menerima sertifikat KLPT.
Dokumen untuk sending Data ini antara lain :
-Fotocopy Ijazah
-Fotocopy akte kelahiran
-Fotocopy KTP
-Fotocopy KK yang berlaku
-Fotocopy Paspor yang masih berlaku
-Fotocopy Sertifikat KLPT
-Berkas hasil Medical check up di klinik yang ditunjuk
-Surat ijin Orang tua(singgle) atau ijin suami/istri(menikah) surat ini disyahkan
pihak kelurahan.
-SKCK Polda
Kelengkapan dari semua Dokumen tersebut menjadi kunci suksesnya calon CTKI untuk
segera sending datanya.
CTKI bisa menge check Daftar namanya di www.bnp2tki.go.id untuk mengetahui sejauh
mana proses keberangkatanya.
3.Sending Data
Setelah semua data-data diatas sudah di lengkapi
maka proses selanjutnya sending data. Data-data CTKI dikirim melalui pos dengan alamat yang sudah dicantumkan pada formulir yang diberikan oleh BNP2TKI pada waktu CTKI menerima sertifikat EPS-KLT. proses sending ini bisa anda check juga di www.bnp2tki.go.id
apabila Data-data CTKI sudah lengkap dan tidak ada kekeliruan maka nama CTKI segera dikirim ke Depnaker Korea.
4. SLC (Standart Labour Contract)
Setelah namanya masuk di Nodongbu (Depnaker Korea) maka apabila ada perusahaan yang membutuhkan maka nama tersebut akan diturunkan SLC yang selanjutnya akan dikirimkan ke BNP2TKI. anda akan diberi tahu tentang SLC yang sudah turun melalui website BNP2TKI. jadi CTKI harus aktif mengecheck terus info yang diberikan oleh pihak BNP2TKI dan jangan percaya terhadap pihak lain yang mencoba memanfaatkan situasi.
5. Preelimentary Trainning /PAP (pembekalan Akhir Pemberangkatan).
Setelah kontrak diturunkan maka pihak perusahaan yang mau memakai TKI akan mendaftarkan visa ke Imigrasi Korea, setelah semua tidak ada masalah maka dari BNP2TKI akan memberitahukan kepada CTKI untuk berangkat ke Jakarta mengikuti Preelimentary Trainning dan penandatangan SLC sambil membayar biaya tiket dan visa sebesar Rp.5.400.000,-
CTKI juga akan diberikan KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri) yang didalamnya berisi data-data lengkap diri CTKI. KTKLN ini juga berfungsi sebagai kartu bebas fiskal pada waktu CTKI mau berangkat ke Luar Negeri.
setelah selesai proses pembekalan akhir maka CTKI tinggal menunggu penerbangan ke Korea.
Setelah sampai di Korea maka CTKI akan diterima oleh pihak Nodongbu dan akan diberi pembekalan tentang bekerja di Korea dan pengenalan negara dan budaya Korea. setelah itu CTKI akan dijemput oleh Sajangnim (bos) dari perusahaan yang mengambil CTKI. dan TKI mulai bekerja di perusahaan tersebeut...Selamat Bekerja


-


5 komentar:

  1. sangat membantu banget terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis kelamin saya perempuan,saya mau tanya,saya berminat kerja ke korea tapi saya hanya bertinggi badan 150 cm dan pendidikan terakhir saya hanya SMA TERBUKA SINGAPURA,apakah saya diterima jika saya mendaftar kerja di korea?

      Hapus
  2. Bisa saja mbak..pakai ijazah SMP juga bisa tidak masalah, yang penting lulus EPS TOPIK dan memenuhi persyaratan lainya.

    BalasHapus
  3. kapan test EPS KLN?
    TERIMAKASIH...

    BalasHapus
  4. Sekitar bulan 12 mbak..mudah-mudahan sudah ada lagi..

    BalasHapus