Rabu, 20 Maret 2013

Informasi Penting Untuk yang akan mengikuti Ujian EPS TOPIK 2013

Bagi-rekan-rekan yang akan mengikuti ujian EPS TOPIK 2013 berikut ini ada informasi penting kutipan dari BNP2TKI mengenai cara-cara pengisian Data Diri yang benar karena apabila ada sampai salah mengisi ataupun salah tulis maka bisa beresiko sending ditolak oleh pihak HRD Korea. Berikut ini informasi pengumuanya


Nomor : Peng. 0139 /PEN-PPP/III/2013
Bersama ini diberitahukan kepada para CTKI Korea Program G to G yang akan mengikuti Ujian EPS-TOPIK hal-hal sebagai berikut :
  1. Bahwa Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin yang ditulis pada formulir pendaftaran Ujian EPS-TOPIK termasuk juga Photo yang ditempelkan di formulir pendaftaran adalah data identitas yang akan digunakan pada pelaksanaan Ujian dan data identitas tersebut diatas adalah data yang akan tertera di sertifikat kelulusan apabila CTKI yang bersangkutan lulus Ujian EPS-TOPIK.
  2. Bagi CTKI yang telah lulus Ujian, data identitas diri berupa Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan photo yang ditempel pada formulir pendaftaran adalah data identitas diri CTKI yang akan dipergunakan pada proses penempatan (Sending, SLC dan Pemberangkatan). Kesalahan penulisan data identitas diri tersebut akan berakibat perbedaan data identitas diri bagi CTKI dan BNP2TKI tidak dapat mengubah atau memperbaiki data identitas CTKI tersebut dikarenakan data identitas diri pada saat pendaftaran akan langsung tercatat di HRD Korea dan data identitas diri yang diakui oleh pihak HRD Korea adalah data identitas diri yang ditulis pada formulir pendaftaran.
  3. Pas photo yang ditempelkan pada formulir pendaftaran adalah pas photo terbaru (3 bulan terakhir) sehingga Pas Photo tersebut tidak berbeda dengan Photo di Passpor ketika CTKI melakukan pembuatan Passpor.
  4. CTKI disarankan membuat Pas Photo yang sama dengan Pas Photo saat pendaftartan ketika hendak mebuat passpor (Semisal ketika mendaftar memakai pakian jas lengkap dengan dasi maka pada saat membuat passpor disarankan juga memakai pakian jas lengkap dengan dasi).
  5. CTKI harus memastikan Nama, Tanggal lahir, Jenis Kelamin yang tertera di Ijasah Pendidikan Formal Terakhir harus sama dengan Nama, Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin yang tertera di KTP untuk menghindari terjadinya perbedaan Identitas diri CTKI ketika mendaftar EPS-TOPIK menggunakan KTP dan ketika hendak membuat Passpor yang menggunakan data dari Ijasah Pendidikan Formal Terakhir.
  6. Perbedaan Nama, Tanggal lahir atau Jenis kelamin di Sertifikat Kelulusan TOPIK dengan data identitas diri tersebut diatas yang tertera di Passpor akan menyebabkan data sending CTKI yang bersangkutan dikembalikan oleh pihak HRD Korea.
  7. Mengikuti Ujian EPS-TOPIK bukan jaminan dapat ditempatkan ke Korea dan lulus Ujian EPS-TOPIK juga bukan merupakan jaminan dapat ditempatkan ke Korea.
Demikian disampaikan agar maklum.
Jakarta 19 Maret 2013
Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah
ttd
Dr Ir Haposan Saragih M Agr
NIP 196103 0319 8603 1002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar