Kamis, 28 Maret 2013

Informasi JADWAL UJIAN EPS TOPIK 2013

Rekan-rekan yang telah menunggu Informasi Jadwal Ujian EPS TOPIK 2013 berikut ini adalah kabar gembira tentang informasi pendaftaran UJIAN EPS TOPIK 2013 dan Pelaksanaanya dimohon rekan-rekan yang akan mengikuti Ujian EPS TOPIK 2013 untuk mempersiapkan diri baik persyaratan maupun persiapan belajar menghadapi EPS TOPIK 2013 yang pendaftaranya akan dilaksanakan bulan April  mendatang, berikut  kutipan informasi pengumuman resmi Ujian Bahasa Korea EPS TOPIK 2013 dari situs resmi BNP2TKI

Pengumuman Penting Mengenai Pendaftaran dan Ujian EPS-TOPIK 2013
Nomor : Peng. 163 /PEN- PPP/III/2013
Terkait Rencana Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK 2013 bidang Manufaktur dan Perikanan yang akan dilaksanakan pada bulan April 2013 dan Pelaksanaan Ujian EPS-TOPIK PBT 2013 yang akan dilakukan pada bulan Juni 2013, diberitahukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Pendaftaran dan Ujian EPS-TOPIK 2013 dapat diikuti oleh semua Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) baik yang mengikuti Kursus di Lembaga Ketrampilan Bahasa Korea (LPK Bahasa Korea) maupun CTKI yang tidak mengikuti Kursus di LPK Korea (belajar sendiri).
  2. Bagi CTKI yang mengikuti Kursus Bahasa Korea di LPK Bahasa Korea akan memperoleh Surat Keterangan telah mengikuti Kursus Bahasa Korea dan ketika hendak mendaftar mengikuti Ujian EPS-TOPIK 2013 harus menunjukkan asli Surat Keterangan tersebut dan menyerahkan 1 (satu) lembar copy Surat Keterangan tersebut kepada Panitia Pendaftaran.
  3. BNP2TKI akan menyerahkan Blanko Surat Keterangan ke BP3TKI dan selanjutnya LPK dapat mengajukan permohonan ke BP3TKI setempat untuk mendapatkan Blanko Surat Keterangan tersebut tanpa di pungut biaya.
  4. LPK Bahasa Korea selanjutnya memberikan Surat Keterangan dimaksud kepada peserta Kursus Pelatihan Bahasa Korea di LPK masing-masing.
  5. Syarat Pengambilan Surat Keterangan di BP3TKI yang harus dipenuhi oleh setiap LPK adalah sebagai berikut :
  1. Petugas yang ditugaskan untuk mengambil surat keterangan harus menunjukkan Kartu Tanda Pengenal (KTP ) yang masih berlaku dan menyerahkan 1 (satu) lembar copy KTP ke kantor BP3TKI.
  2. LPK harus menyerahkan hasil pendataan peserta yang mengikuti Pelatihan di LPK dalam format softcopy (dalam bentuk cd maupun flash disk ke BP3TKI) dan hardcopy paling lambat tanggal 5 April 2013.
  3. Memiliki Standard Text Book of EPS-TOPIK 2013
Demikian disampaikan agar maklum
Jakarta, 28 Maret 2013
Plh Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah
ttd
Ismain SE MM
NIP: 19610303 198603 1002

6 komentar:

  1. apa dimedan ada pendaftaran nya pak
    tapi kabar dari teman- teman di medan di duka pendaftaran
    di Universitas Sumatera Utara Medan ?
    apa memang benar ?

    terima kasih info nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak Reni..di Medan ada lokasi untuk test EPS TOPIK 2013 alamatnya di

      SUMATERA UTARA
      UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN
      Jl Universitas Nomor 19 Kampus USU Medan 20155 Tel (061) 8215956

      Hapus
  2. usul nih, kenapa blanko surat keterangan mesti melalui bp3tki, coba diupload ke website/ blog ini, atau bnp2tki.go.id sehingga lpk dapat dengan mudah mendownloads blanko tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blankonya kayaknya kurang terpakai to Pak? soale pada praktiknya pendaftaran kolektif kayaknya belum bisa di aplikasikan

      Hapus
  3. persaratan apa aja yg harus di bawa pada saat pendaptaran tgl 15-18 april 2013 nanti?
    Trus jam berapa di mulai pendaptaran nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persyaratan pendaftaran test EPS TOPIK 2013

      Persyaratan umum untuk mendaftar dan mengikuti Ujian EPS-TOPIK 2013 adalah sebagai berikut :
      Usia antara 18 sampai dengan 39 tahun (kelahiran antara tanggal 16 Juni 1973 sampai dan 15 Juni 1995)
      Pendidikan minimal lulus SLTP sederajat.
      Tidak pernah dipenjara atau dihukum dengan hukuman yang berat.
      Tidak pernah dideportasi atau diusir dari Korea.
      Tidak sedang dicekal untuk pergi ke luar negeri.

      Lembar Formulir Pendaftaran (dibagikan saat datang ke lokasi pendaftaran). Nomor Ujian telah tertera di lembar pendaftaran, setiap calon peserta hanya akan memperoleh 1 (satu) lembar formulir pendaftaran dan menyerahkan 1 (satu) lembar formulir pendaftaran. Pada saat mengisi lembar formulir pendaftaran di tempat ujian, pastikan jangan sampai ada kesalahan mengisi identitas diri dan bila terjadi kesalahan pengisian identitas diri, koreksi data identitas diri yang salah dengan tipe x kertas sebelum menyerahkan ke petugas pendaftaran.
      Copy paspor yang masih berlaku (jelas tidak kabur / gelap) atau Copy Identitas diri (KTP) yang masih berlaku. Copy passpor akan di tempel di formulir pendaftaran pada kolom yang tersedia. Pastikan nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan identitas diri lain yang di tulis pada formulir pendataran sama dengan yang tertera di passpor. Pastikan juga nama di ijasah pendidikan terakhir sama dengan nama di KTP dan di Paspor, apabila terjadi perbedaan identitas diri maka yang bersangkutan tidak akan diperbolehkan masuk ke Korea. Para pendaftar di sarankan telah memiliki passpor pada saat pendaftaran sehingga pada saat mendaftar identitas diri yang ditulis pada lembar formulir pendaftaran sama dengan yang tertera di passpor. HRD Korea akan menggunakan photo yang ditempelkan di formulir pada saat pendaftaran serta nama dan identitas diri yang tertera di formulir pendaftaran sebagai acuan identitas diri peserta ujian dalam proses penempatan ke Korea. Mengubah nama dan identitas diri lainya termasuk photo tidak akan diperbolehkan.
      Pas Photo bewarna terbaru dengan latar belakang putih, ukuran 3.5 x 4.5 cm yang dibuat dalam waktu 3 bulan terakhir (wajah tampak jelas) sebanyak 3 lembar.
      HRD Korea akan melakukan proses identifikasi pengenalan identitas CTKI yang mendaftar dengan menggunakan metode “ Sistem Pengidentifikasian Wajah ” berdasarkan photo yang digunakan pada saat mendaftar sehingga modifikasi photo dengan cara apapun tidak dibenarkan.
      Bukti pembayaran uang ujian ( 1 lembar asli di bawa untuk di tunjukkan dan 1 lembar copy bukti pembayaran transfer uang ujian di serahkan ke panitia )
      Copy Ijasah Pendidikan Terakhir minimal SLTP yang dilegalisir (Cap basah)
      Biaya Pendaftaran Ujian EPS-TOPIK 2013 adalah sebesar Rp 235.000,-
      Metode Pembayaran Uang Pendaftaran dilakukan melalui pembayaran langsung ke Rekening Bank yang di tetapkan (trasnfer melalui ATM tidak diperbolehkan).
      Pembayaran uang ujian melalui Bank BRI dengan nomor Rekening : 0862.01.006350.53.0 atas nama : Panitia Pelaksanaan EPS-TOPIK dan pembayaran dapat dilakukan di Bank BRI terdekat.
      Peserta ujian yang telah mendaftar namun ternyata dinyatakan oleh HRD Korea tidak dapat mengikuti Ujian akan menerima uang pengembalian pendaftaran yang telah di setor. Peserta ujian yang dinyatakan oleh HRD Korea dapat mengikuti Ujian akan tetapi tidak datang mengikuti ujian tidak akan menerima uang pengembalian pendaftaran yang telah di setor.

      Hapus