Rabu, 09 Mei 2012

Ribuan calon TKI Korea mengambil no Ujian EPS-TOPIK Bahasa Korea










                                                                                                                




 Hingga hari Rabu (9/5) Pukul 20.00 WIB total pengembalian formulir pendaftaran formulir penerimaan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Korea Selatan berjumlah 20.847 orang. Perinciannya, 3290 dari Jakarta, 4881 dari Bandung, 7768 dari Yogyakarta, dan 4908 dari Surabaya.
Demikian disampaikan Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah, Haposan Saragih ditemui di Kampus Indonesia Esa Unggul, Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu Sore (9/5).
Menurut Haposan, seleksi awal penerimaan Calon TKI ke Korea dimulai dari proses pengisian formulir yang dilakukan serentak di empat wilayah yaitu di Jakarta di kampus Indonesia Esa Unggul, di Jawa Barat di kampus IKOPIN Bandung, di Surabaya di kampus UPN Yogyakarta dan di Surabaya di kampus Univ Dr Sutomo (Unitomo) Surabaya.
Semua pencari kerja yang berminat untuk bekerja di Korea di bawah Mekanisme Employment Permit System harus mengikuti EPS-TOPIK yang dilakukan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) dengan persetujuan dari MOEL dan hanya peserta yang telah mengikuti ujian EPS-TOPIK dan dinyatakan lulus ujian yang berhak melamar kerja ke Korea.
Haposan menambahkan, untuk jadwal pelaksanaan ujian akan diadakan pada tanggal 16 sampai 17 Juni 2012. Adapun pengumuman kelulusan dilakkan pada tanggal 28 Juni 2012 .
Peserta yang lulus ujian EPS-TOPIK ke 10 tahun 2012 ini akan mengisi 8900 peluang kerja bidang Manufaktur dan 1000 peluang di sector Perikanan. Bagi peserta yang lulus ujian EPS TOPIK ini dapat mengikuti ujian Keahlian (skill test) bila berminat. Informasi lebih lengkap mengenai pelaksanaan ujian Keahlian (skill test) akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil ujian EPS-TOPIK ke 10.
Ujian Keahlian merupakan pilihan, peserta ujian yang mengikuti Ujian Keahlian dan lulus dengan hasil yang memuaskan akan direkomendasikan ke secara khusus ke pengguna di Korea. Ujian Keahlian untuk bidang Perikanan dijadwalkan pada tahun 2012 dan akan diumumkan lebih lanjut.
Ia menambahkan, persyaratan umum untuk mendaftar dan mengikuti Ujian EPS-TOPIK 2012 yaitu usia antara 18 sampai dengan 39 tahun (kelahiran antara tanggal 18 Juni 1972 sampai dan 17 Juni 1994). Kedua, pendidikan minimal lulus SLTP sederajat, ketiga tidak pernah dipenjara atau dihukum dengan hukuman yang berat. keempat tidak pernah dideportasi atau diusir dari Korea. Terakhir, tidak sedang dicekal untuk pergi ke luar negeri. (zul/ toha).

Sumber bnp2tki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar